Penyebab Rambut Rontok Parah



Kebayakan wanita di dunia selalu ingin berpenampilan cantik sempurna. Bahkan setiap detail tubuhnya selalu diperhatikan terutama pada bagian rambut. Bagi perempuan penampilan rambut sangatlah penting karena rambut merupakan mahkota bagi wanita. Tapi bagaimana jika suatu saat rambut anda mengalami kerontokan. Kerontokan pada rambut bisa disebabkan oleh beberapa hal ,

berikut  hal-hal yang dapat menyebabkan rambut rontok:


1.Gangguan Hormon

Ada 3 hormon yang bisa menyebabkan rambut rontok yaitu hormon alopesia androgenetik,hormon dihydro testosterone,dan hormon alopesia areta. Hormon alopesia androgenetik dapat menyebabkan kebotakan yang banyak terjadi pada laki-laki. Hormon alopesia androgenetik ini merupakan salah satu penyakit keturunan yang bisa mengakibatkan kebotakan karena ensitifitas genetik dari folikel rambut terhadap dihydrotestosterone (DHT). Sedangkan hormon alopesia areta adalah gangguan yang menyebabkan rambut menjadi pitak.Hormon ini disebabkan oleh penyakit autonium. Kebanyakan gangguan ini dialami oleh kalangan remaja dan dewasa muda.Kerontokan jenis ini tidak permanen dan rambut akan tumbuh sekitar satu tahun. Ada beberapa penyakit yang menyebabkan alopesia areata ini yaitu diabetes, anemia penyakit tiroid, vitiligo dan persinius.

2.Infeksi
Agar terhindar dari kerontokan ,segeralah anda obati kulit kepala yang terinfeksi. Karena jika tidak segera di obati infeksi tersebut dapat menyebabkan kerontokan. Jika sudah terlanjur pakailah anti jamur pada rambut agar kerontokan tidak parah.

3.Rokok

Rokok mengadung zat adiktif yang dapat merusak organ yang ada didalam tubuh seperti paru-paru, jantung dan lainnya. Tetapi tidak hanya organ dalam saja ,rokok bisa mempengaruhi keauburan rambut juga.

4.Sinar Matahari Dan Polusi

Sebenarnya berada di bawah sinar matahari itu baik untuk kesehatan terutama sinar matahari pagi. Akan tetapi saat ini tingkat polusi sangat tinggi sehingga berdampak buruk untuk lingkungan apalagi ditambah dengan menipisnya lapisan ozon. Hal itu dapat merusak keratin pada rambut.

5.Pengaruh Gizi dan Vitamin

 Gizi dan vitamin Juga dapat mempengaruhi rambut. Rambut juga membutuhkan nutrisi agar rambut tetap kuat dan sehat. Jika rambut tidak memiliki asupan gizi yang cukup ,rambut anda bisa rapuh dan mudah rontook. Untuk itu di sarankan untuk makan makanan yang bernutrisi terutama untuk rambut.

6.Penggunaan Bahan Kimia 

Bahan kimia yang digunakan untuk memperindah rambut juga dapat merusak rambut. Penggunaan seperti pewarna rambut yang berlebihan atau sering juga dapat merusak rambut. Selain dari pewarna zat kimia pada rebounding tidak baik untuk pertumbuhan rambut dalam jangka panjang.

7.Alat Rambut

Alat penata rambut seperti catok dapat merusak rambut karena jarak alat catok ke kulit kepala dekat sehingga merusak akar rambut dan hal tersebut membuat rambut menjadi rapuh. Alat rambut yang lain adalah hair dryer atau pengering rambut.alat ini dapat mempercepat kerontokan pada rambut karena alat ini membuat akar pada rambut patah .

8.Gangguan Emosional

Gangguan emosional seperti stress atau tertekan membuat otot syaraf yang terdapat di kepala menegang dan membuat akar syaraf rambut melemah .pada saat melemahnya akar syaraf ini rambut akan mengalami kerontokan.

9.Kehamilan

Banyak wanita yang mengalami kerontokan rambut pada saat hamil atau setelah melahirkan. Penyebab kerontokan rambut pada wanita ini terjadi secara alami dan akan pulih kembali umumnya setelah 3 bulan pasca melahirkan.

10.Penyakit

Penyakit juga bisa membuat rambut rontok parah terutama pada penyakit kronis seperti lupus,diabetes,sindrom down,dan hopertiroidisme.

11.Jarang Keramas

Jarangnya keramas akan membuat rambut berminyak dan lembab , faktor yang membuat rambut rontok ketika paparan sinar matahari yang membuat rambut bercampur dengan keringat. Kemudian rambut yang terdapat pada kulit kepala dapat terserap oleh folikel rambut dan menyebabkan rambut menjadi lepek.



Itulah 11 faktor penyebab rambut rontok,baca juga" Cara mengatasi rambut rontok " itu saja artikel kali ini untuk kurang jelasnya saya minta maaf dan terimakasih untuk para pembaca.#kiss you.




Comments

Popular posts from this blog

Sumber Backlinks Berkualitas untuk Blogger

Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata Lengkap

Kelebihan Dan Kekurangan Antara Windows Dengan Linux